Pelanggan Kecewa, Telkomsel Menurunkan Kuota Fair Usage dari 2GB Jadi 500 MB

flash_20080521437

Entah ini kemunduran atau strategi dagang Telkomsel. Setelah dikerumuni banyak pelanggan baru dengan paket Telkom Flash Unlimited Basic dengan Fair Usage 2 GB, kini Telkomsel menurunkan Fair Usage pada paket Unlimited Basic menjadi 500 MB sejak 1 September 2009. Sebuah penurunan yang sangat signifikan dimana sekarang pelanggan Telkom Flash semakin banyak. Bahkan di daerah Yogyakarta sudah lama ditutup pengajuan Telkom Flash Unlimited Basic karena saking banyaknnya konsumen.

Di awal munculnya paket ini, Telkom Flash menjadi idaman bagi para pencari koneksi broadband dengan kecepatan tinggi menyaingi Indosat M2. Namun entah kenapa sejak kabel serat optik internasional Telkom terputus dengan indikasi tersangkut jangkar kapal (detikinet), koneksi internet Telkom Flash menjadi lambat sampai sekarang. Beberapa complain pelanggan ke Telkomsel mendapat jawaban “Telkomsel sedang menambah jaringan”. Namun tanpa sosialisasi yang jelas tiba-tiba Fair Usage malah diturunkan menjadi 500 MB.

oke

Komplain para pelanggan Telkom Flash semakin menjadi-jadi di berbagai forum di Internet. Bukannya menambah bandwidth di upstream , Telkomsel malah menurunkan Fair Usage. Entah ini sebuah kemunduran atau memang strategi dagang Telkomsel untuk menggiring pelanggan ke paket Advance dan Pro yang lebi. Yang jelas banyak para pelanggan yang kecewa dengan kebijakan ini. MaSuk

About the Author

has written 436 stories on this site.

93 Comments on “Pelanggan Kecewa, Telkomsel Menurunkan Kuota Fair Usage dari 2GB Jadi 500 MB”

  • triyadi wrote on 4 September, 2009, 7:35

    gag peduli aku.. hihihi
    aku gak pake sih, :D :D :D :D :D :D

  • LAMPUNG wrote on 4 September, 2009, 15:30

    MENGECEWAKAN!
    Kok bisa ya pake cara gitu, padahal kita kontrak 1 th tuh, dengan fair usage 2GB. Kalo diturunin jd 500M berarti dah nggak sesuai kontraknya, apa bisa kita putus kontrak ya? Nanti malah di suruh bayar 1 th lagi sisanya.

  • Tarakan wrote on 5 September, 2009, 13:12

    ?(?????)? iya tuh dasar telkomsel, sekarang aja aku max download realnya aja cuma 25kbps, itu pun download dari server lokal seperti IDWS.
    dulu maka waktu promo sampe 250kbps… payah…
    tapi untung bli modem di luar ga paket telkomflash yg cuma bisa pake kartu halo, moga entar indosat dapat menyaingi, dah saat nya bilang da..da.. telkomsel

    (-’_'-)

  • JOGJA wrote on 5 September, 2009, 16:36

    untungnya gue pake M2 coba kemarin gue pake flash bisa – bisa stress nih komputer. :mrgreen:

  • Aboh_Onjol, Bandung wrote on 6 September, 2009, 7:49

    Mulai nggak fair nih, Quota turun, kontrak tetap, koneksi lemot, koneksi tdk stabil, dll. Straetegi dagang culas. Setelah banyak yg pake janji dilupakan. :twisted:

  • Online Forex Trading wrote on 7 September, 2009, 13:29

    iya saya pribadi juga jengkel … wah membodohi masyarakat banget …. strategi dagang yg gak fair.

  • mina wrote on 7 September, 2009, 13:49

    kalo gue udh bales sms nya gini :
    Telkomsel Yth. Terhitung mulai tgl 1 Sep 09, karena Fair Usage untuk Paket Basic TELKOMSELFlash Unlimited berubah dari 2GB menjadi 500 MB, tagihan bulanan saya turunkan dari Rp. 225.000 menjadi Rp. 56.250. :D

  • Budi wrote on 7 September, 2009, 15:44

    Dasar telkomsel sialan…bikin puasa batal ajah merah-marah sama TELKOMTHEL….!!! Dulu ngerayu 2x customer biar gabung…sekarang udah banyak pelanggannya mulai maen licik dengan taktik dagangnya yg menurunkan quotanya menjadi lebih kecil. Kalau begini caranya kan jelas 2x pelanggan merasa di kecewakan. Mana undang2x perlindungan konsumennya…????

  • Godra25 wrote on 7 September, 2009, 16:10

    bener juga buat yg di Lampung, kita kan sudah kontrak 1 thn utk kuota yg 2 GB… wah, benar2x udah pelanggaran kontrak dong… :oops:

    ntar deh, gw baca lagi dulu kontraknya…. apakah terjadi pelanggaran yg fatal… :twisted:

  • putra wrote on 7 September, 2009, 17:26

    wah ini sih licik namanya! :x
    gw sangat kecewa sekali! :x
    gw pake telkomflash aj karna terpaksa, gw berharap peluang ini bisa diambil sama indosat..
    :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil:

  • thiyan wrote on 7 September, 2009, 18:40

    brengsek telkomsel… pembohongan publik niih… mentang2 dah dpt pelanggan, trus seenaknya ajah pd pelanggan… :evil: :evil: :evil:

  • bandung wrote on 7 September, 2009, 20:38

    fair usage itu apa seh ga ngerti, mohon tolong di jelaskan, agar sesma pmilik t-sel sama2 mengetahuinya. terimaksih

  • LIverBird90, bandung wrote on 7 September, 2009, 21:24

    :evil:
    telkomsel f**kin flash
    .kcewa berat.. :!:

  • DWIO, bumen wrote on 8 September, 2009, 0:34

    Telkomsel PAYAHHHHHHHHH…………………. :evil: :evil:

  • kikiw wrote on 8 September, 2009, 10:37

    mengecewakan!!!! sudah lebih dari 2 minggu ini flash yng saya pakai tidak pernah lebih spednya dari 60Kbps, padahal jarang dipakai, mau dipakai di bandung atau di jakarta sama aja. lemoot, !!! belom lagi pertama connectnya kadang kalo lagi beruntung suka susah, ditambah lagi kalo lagi terhubung suka ngedadak mati sendiri… dan tadi malem….. tiba tiba dapet sms dari telkomsel yg isinya per 1 sept quota turun dari 2 GB menjadi 500MB…. terima kasih telkomsel inilah THR terindah
    ck…ck…ck…..cari untung teruuuuus

  • Dans Putra Ramadhan wrote on 9 September, 2009, 15:42

    Terimak kasih telkomflash,…jadi terinfirasi dgn cara anda berbisnis,..siapa yah yg jadi GM-nya kerenlah,..

  • Korban Flash wrote on 9 September, 2009, 15:56

    Wah, sekali lagi konsumen indonesia di bodohi dengan kesewenang2an telkomsel.
    Gilaaa… bisa class action gak ya ?? sakit ati nih bro

  • jay wrote on 9 September, 2009, 17:18

    mau nanya nih..secara gw lagi di pedalaman NTT,jadi bener ya tsel flash turun kuota jadi 500MB..trus kontraknya berarti dilanggar dong..trus beneran kalo pemakaian diatas 500MB kita harus bayar rp1/kb….bener2 aneh jadi bukan unlimited dong…sekarang malah tagihannya bisa membludak alias unlimited…padahal gw lagi PTT en bela21n beli tsel dulu bulan mei 09 supaya bisa tetep keep in touch dgn yang laen….

  • gateone wrote on 9 September, 2009, 19:51

    wah kalo itu bener2 keterlaluan ….
    bukannya menjaga kepercayaan customer…malah merusak kepercayaan….
    penambahan jaringan yang berujung pada penurunan kuota menjadi 500mb….
    SUNGGUH TERLALU……………………

  • Paul, malang wrote on 10 September, 2009, 21:15

    wah..pindah rame rame aja yuk yang make flash…… :lol:

  • Bye Telkomsel wrote on 11 September, 2009, 3:29

    Tukang boong ni telkomsel, gw pake flash unlimited kontrak 1 tahun, tinggal 3 bulan lage, sekarang maen turunin aja tuh quota, udah lambat di sunat pula, ga tanggung-tanggung dari 2Gb jadi 500 Mb. Giliran nagih getolnya minta ampun, hak pelanggan maen potong aja, ga komit nih.
    “Up to” emang jebakan, mw lo pake paket Basic/Advance/Pro bedanya cuman di quota fair usage doang. Bandwidth yg lu dapet sama aja.
    Saran buat yg mo langganan internet wireless, survey dulu deh, pastiin pilih providernya yg komit dan jujur.
    Lirik provider lain MODE ON…

  • capt. Azzura, never ending asia!! wrote on 11 September, 2009, 12:52

    heyhey…. sabar lah kawan, cobalah berfikir jernih
    belum tahu apa sebabnya telkomsel menurunkan quota nya. Sebagai perusahaan besar, dan cukup menguasai pasar, jelaslah tidak mungkin secara sembarangan mereka menentukan kebijakan dagang nya.

    artikel diatas menyebutkan, adanya masalah yg telkomsel alami perihal jaringan.
    yaitu kabel serat optik internasional nya terputus tersangkut jangkar kapal.
    jadi, apa yg mereka alami itu adalah sangat fatal !!, tentu tidak mudah untuk mengembalikan jaringan ny seperti semula dengan kecepatan maksimum.

    mengenai kontrak, saya percaya TELKOMSEL bukanlah perusahaan yang baru kemarin berdiri.
    Untuk hal ini tentunya mereka akan bertindak profesional. mereka telah selangkah lebih maju memikirkan konsekuensi ini, dan telah secara matang memikirkan seluruh dampak yg ada atas kebijakan mereka tersebut.
    Mungkin akan ada kompensasi kedepan yg akan TELKOMSEL berikan, untuk pelanggan mengenai ketidaknyamanan tsb.
    Karena pastinya TELKOMSEL pun tidak mau berurusan dengan hukum karena telah melanggar kontraknya.

    Jadi menurut saya janganlah protes berlebihan, apalagi sampai menghujat.
    berilah sedikit ruang maklum untuk mereka( TELKOMSEL, red), karena yang mereka alami saat ini adalah juga sebuah masalah, perihal jaringan.
    yang saya yakin bukanlah kebijakan dagang culas atau apapun…

    NB: disini saya mencoba berbicara objektif,
    bukan atas dasar ada kaitanya saya dengan pihak telkomsel( staf/pejabat ) yang berusaha membela diri secara subjektif, atau apapun.

    dan marilah kita bertindak santun dalam berkomentar, berikan komentar membangun dan bersifat menyelesaikan masalah. sehingga dapat membantu yang lain.
    karena hujatan atau apapun, mencerminkan cara anda berfikir dalam menghadapi masalah yang sedang anda hadapi.

  • diLi wrote on 11 September, 2009, 20:18

    awalnya uda seneng pake flash ..
    sekarang jadi males … maksudnya apa sih ???
    pengen ngurangin pelanggan …? di tinggal kabur mampus lo !

  • konsumen wrote on 11 September, 2009, 21:36

    buat capt. Azzura
    kalau ada gangguan jaringa karena putus bukan gitu caranya. jaringan jadi lamba aja harusnya pelanggan dapat kompensasi dan bukan malah nurunin gini. telkomsel udah membuat ketidaknyamanan buat pelanggannya. harusnya mina maaf dan kalau mungkin mengganti kerugian atau beri kompensasi ke pelanggan. ingat semua kewajiban pelanggan di penuhi, karena mis kalau tidak bayar tepat waktu langsung di blok ama telkomsel. tanpa ampun kan?
    “dan marilah kita bertindak santun dalam berkomentar, berikan komentar membangun dan bersifat menyelesaikan masalah. sehingga dapat membantu yang lain.”
    bung komentar itu atau kritikan itu adalah hal yang wajar dan harus di dapatkan agar orang atau perusahaan bisa maju. apa anda ingin semua orang bilang bagus walau signal lagi jelek ? kapan telkomsel akan tau kekurangan dan gangguan kalau tanpa komplain dari pelanggan ? kapan bisa maju kalau tanpa komplain? gaja di pelupuk mata nga kelihatan koq. ingat pepatah itu. ingat pelanggan itu adalah raja, dan telkomsel sebagai perusaaan jasa hidup dari pelanggan. kata kasarnya pegawai telkom dapat makan dari pelanggan !!!!!

  • Cikarang wrote on 11 September, 2009, 23:58

    capt. Azzura, never ending asia: bukannya ngga mau sabar dan berkomentar positif bung, tapi cara telkomsel nya itu yang ngga fair, mesti nya kalau mau ada perubahan, informasikan minimal 1 bulan sebelumnya, jadi konsumen punya waktu untuk memutuskan apakah mau lanjut pake telkomsel atau mau di stop.

    Ini namanya Fair Usage yang ngga Fair….!!

    Yang jelas telkomsel hanya mau untung, terus masalah kedepannya apakah ada kompensasi atau tidak itu urusan nanti, emang siapa yang mau menjamin bakalan ada kompensasi ? yang sudah jadi fakta, konsumen di rugikan, sedangkan kompensasi itu hanya harapan yang ngga pasti.

    Saya pikir protes di atas tidak berlebihan. itu ekspresi kekecewaan konsumen, karena siapa yang mau dukung konsumen? management telkomsel kan ngga akan merasakan rugi apapun ?

    Mungkin untuk “menyentil” telkomsel juga, ya bisa jadi kita mesti tinggalin flash rame2..xxiii…xii….

  • terserah wrote on 12 September, 2009, 10:58

    aku penginnya baik2 saja dengan telkomsel flash, tp mereka yg gak baik2 dengan konsumen.

    Mbok ya kalo mau melakukan penurunan tuh pemberitahuannya jauh2 hari sebelumnya, kan dulu ada kontrak yg dibuat bersama antara pihak telkomsel dengan konsumen. Lah kalo ini sih keliatan banget kalo maen curang.

    Masalah kabel FO terkena jangkar kapal itu urusan teknis, konsumen ini urusan lain lagi.
    Perusahaan mungkin dengan segera bisa memperbaiki kabel itu kalo udah ketemu posisinya dan ketika ada biaya(masak perusahaan segede ini gak punya biaya perbaikan?),
    tapi masalah konsumen itu sulit …….. biar punya duit, tp kalo ati udah gak seneng, susah bossss……

    Syukur nih, aku udah pake indosatm2, broom bastis lagi :-D
    dan gak akan pernah pake layanan data telkomsel lagi, takut kalo ada keputusan sepihak dari perusahaan, ntar kalo mau melawan bisa kaya kasus nyonya prita lagi.

  • diLi wrote on 12 September, 2009, 16:50

    http://www.telkomsel.com/web/hot_offering

  • Ghema wrote on 13 September, 2009, 1:05

    Mo tanya quota m2 masih ttp 2 Gb atau uda turun smaa ky flash??

  • GAK PENTING wrote on 13 September, 2009, 8:39

    memang terlalu telkomsel, gw jg pake flash cooperate, mau putus aja ah, rugi, liat aja entar, pelanggan telkomflash pasti berkurang drastis, wong 3gb aja banyak yang protes karena lambat dan kecepatan download yang berbeda2 alias gak fair, ada yang kenceng banget ada yang lambat atau pas2an, ntar kalo membaik baru langganan lagi, mending main di warnet, di warnet dekat rumah gw ada yang kecepatan downloadnya tinggi yakni 50kb/s untuk server luar, 100kb/s untuk indowebster.com, dengan dua jam/ 6000 rupiah gw bisa bikin flashdisk 512 gw full dari data yang gw download, kalo pake flash langsung habis kuota, ha ha ha

  • ASU wrote on 13 September, 2009, 10:13

    TRIK TELKOMSEL FLASH Unlimited..: Bayar Tagihan Langsung Lemot (BTLL)
    HEBATTTTTTTTTTT!! Trik CS Telkomsel Flash … Habis Bayar Tagihan Internet Langsung Pukul Lemot internetnya… Sebelum bayar tagihannya koneksi wajar selamat 4 hari setelah bayar tagihannya langsung lemot tanpa pandang bulu… Lha ini ada trik nieh. Jangan bayar tagihan Tsel flash… sampai batas tenggang. Internet anda bakallan tetap stabil .. nah kalau nyampai batas tenggang pembayaran baru bayar (biar ngak kena trik bayar langsung lemot dari Telkomsel)

  • vino wrote on 13 September, 2009, 19:07

    ampun deh…leleeeeeettt..bgt sekarang…ga bs lg buka youtube…pengen aq putus neh Tflash

  • vino wrote on 13 September, 2009, 19:11

    aaampuunn deh…super lelet sekarang….pengen putus ajalah…pindah kelain hati…

  • khiang wrote on 13 September, 2009, 20:33

    kecewa berat!!! sampai hari ini, satu sms pemberitahuan pun blum diterima di HP ku!!! nbukannya tambah lama tambah cepat, tambah murah, tambah quota !!! Ehhhh malah diturunkan, jgn-jgn harga juga nanti dinaikkan !!! TELKOMSEL FLASH PRODUK GAGAL !!! MEMALUKAN !!!!!!!!!!!! Klo INDOSAT M2 masuk KALIMANTAN BARAT, langsung pindah gw !!! jrit… kesalllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

  • telgombel wrote on 14 September, 2009, 1:26

    GILA aja kuotanya diturunkan jadi seperempatnya, lha yang udah terikat kontrak gimana. gak pikirin tuh OTAK petingginya telkomsel tuh? kontrak 2GB, diturunkan sepihak jadi 500MB, bayar tetap tp tanpa kompensasi pengurangan. harusnya kan mereka bilang sebelumnya kalo kuota 2GB tsb cuma promosi sampe september, gitu lbh fair, jadi gak berkesan MENIPU konsumen. kalo mereka pny masalah dengan fiber optiknya, ya jgn trus jadi MERUGIKAN konsumen, selesaikan masalah dengan biaya sendiri, bukan biaya sumbangan 1,5GB tiap bulan yang DICURI dari pelanggannya.
    ARRGGHHH…flash gak laku lagi, MAMPUS lu…

  • Swarie wrote on 14 September, 2009, 9:59

    Sodara – sodara semua pemakai telkomsel flash unlimited basic,,,jangan khawatir ,,,smua info yg diterima masih rancu,,,yg benar untuk kelebihan fair usage 500mb tidak dikenakan biaya,,,hanya saja speednya yg dkurangi,,,dg alasan agar merata keseluruh pelanggan telkomsel,,,bs dimaklumi…
    jadi kelebihan 500mb,yg katanya bayar Rp1/kb,itu “TIDAK BENAR”…hanya saja ketika pemakaian lebih dari 500mb,,,secara otomatis speed yg digunakan akan berkurang,,,
    Jgn salah info ya sodara – sodara…

  • Erizk... wrote on 15 September, 2009, 0:16

    dasar telkomsel… gw make pro lelet, mana sekarang disunat lagi kuotanya…
    dasar culas… :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted:

  • bdg wex wrote on 15 September, 2009, 8:59

    klo tagihan bulan ini gak di bayar gimana ya?????

    kayak nya ide bagus neh..!!
    hihihihi=))

  • jimbo wrote on 15 September, 2009, 11:40

    yah namanya juga Telkomjing Ples….rupa anjing dengan kecepatan keong

  • blackout911 wrote on 15 September, 2009, 12:16

    @capt azzura ; soal kabel FO kena jangkar itu wes selesai. Buktine seluruh internet di indonesia ga kena gangguan. Smart juga kaga. Karena hampir seluruh ISP di indonesia (XL, Smart, Indosat, Telkomsel) sewa FO di Moratelindo. Mereka yg punya kabel FO hubungin bangka dan siangpore. Moratelindo ini anaknya Singtel.

    Jadi ne misalnya FO nya pedot ya Smart dkk ngalamin pelemotan masal. Tapi ini kaga. Bukti lain, Coba pake APN : FLASH. Lak banter juga. Itu artine yg telkomsel flash unlimited emang dijagal biar downloader maniak podo keluar.

    gw jg nulis unek2 disini:
    http://blackout911.wordpress.com/

  • ujang wrote on 15 September, 2009, 16:33

    sudah merasakan 64kbps+dc, seperti yg Bang Roma katakan”Sungguh Terlalu”
    :idea: perlu selingkuh dengan cdma nih, bayar lebih murah pelayanan sama. :D
    Udah banyak yang nyaranin pindah ke M2, tp sinyal di rumah g “antara ada dan tiada” kalo mendung apa lg. (geleng2) sulit hidup di indo jadi pengemis bandwith mulu.

  • catur wrote on 15 September, 2009, 18:13

    Sayang, perusahaan sebesar telkomsel bisa seperti ini, dan saya yakin kalau ini tidak segera diatasi, telkomsel akan mengalami kerugian yg sangat besar dengan larinya pelanggan flash termasuk aku sendiri, dan itu yg harus dibayar telkomsel flash karena memotong 1/4 kuota tanpa memotong biaya tagihan…………dan satu hal, banyak perusahaan penyedia internet yg mungkin jauh lebih baik dan lebih murah, ini harus diperhatikan, dan untuk temen-2 yg merasa dirugikan kita bisa putus hubungan dengan begitu flash akan merasakan dampaknya, terima kasih….

  • jakarta wrote on 15 September, 2009, 23:09

    ah TELKOMSEL MEMANG CURANG,T-FLASH brengsek.mending gw putusin aja.masa dwld aja cuma 6 kbps/s.emg TELKOMNYET,dikomplain kemana aja sama.BANYAK ALASAN DOANK,JAWAB ASAL-ASALAN CS-nya.MENDING DIPUTUSIN AJA,DASAR BUTUUUTT.mau untung nggak mau RUGI :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted:

  • hehehe wrote on 16 September, 2009, 1:35

    Namanya saja TELKOMSEL Yang Maha Esa. Siapa berani lawan? Mereka punya lawyer2 kuat dan merasa dibutuhkan. He..he.h.e……Jangan mengumpat dan sumpah gitu. Seluruh rakyat Indonesia wajib tunduk kepada TELKOMSEL Yang Maha Esa.

  • redy wrote on 16 September, 2009, 10:24

    Class Action yukk … :!:

  • suparmin wrote on 16 September, 2009, 14:27

    TINGGALKAN TELKOMSEL, KELAUT AJA PENIPU MASALLLLLLLLLLLLL

  • Jauhari wrote on 17 September, 2009, 7:27

    KUMPENI baru… ketika PERUSAHAAN sudah TERLALU *merasa* PERKASA para KONSUMENlah yah di BABAT

  • radixiz wrote on 17 September, 2009, 10:09

    bisa ga TELKOMSEL ini di ajukan ke YLKI? karena melakukan penurunan fair share yang se enak2 udel nya dewe!, jadi 1/4 dari 2GB!

  • Sundaan, Bandung wrote on 17 September, 2009, 11:05

    :mrgreen: karunya euy Flasher unlimited, urang ge pake flash unlimited, emang sarua lemotnya komo mun ngadownload sakampung kabeh trus bari sare….., enggeus hayang tereh mah pindah ka pro trus interneten di leuweung, mun hayang di kota kudu boga duiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit jeung licik.
    salam flasher apapun operatornya yang penting duit euy!!

  • Dwi wrote on 18 September, 2009, 16:22

    telkomsel..oh..telkomsel..

  • tito wrote on 18 September, 2009, 19:03

    gw ga make ni produk tapi gw pantau terus perkembangan kasus ini…
    dan gw yakin baget ini kesewenangan terhadap pelangan..
    sebagai pelanggan harusnya bertindak, karena pelanggan yang menghidupi mereka. bailoit rame2 aja!

  • donny, surabaya wrote on 19 September, 2009, 12:29

    iya neh…kok tiba2 telkom flash maen sikat aja….dari fair usage yg 2GB kok tiba2 langsung jadi 500MB….masih mending turun jadi 1GB dulu gitu….
    wah kalo kayak gini caranya malah lama2 pelanggan telkom flash pada kabur…trus malah telkom flash sendiri yg bangkrut….
    mestinya hal seperti ini di survey dulu ke pelanggan2 nya….nggak langsung buat keputusan seperti ini…ini namanya khan pembohongan ?

  • Pithecanthropus erectus wrote on 19 September, 2009, 12:46

    neech strategi dagang busuk telkomsel (sms yg dikirim dr operator T-sel tgl 17 September 2009) :

    Pelanggan yth,sekarang Anda dapat melakukan pengecekan penggunaan Paket Unlimited TELKOMSELFlash dengan SMS, ketik : ULINFO,kirim ke 3636 (bebas biaya) “….Stlh kecepatan diturunkan&ingin mendpt kecepatan normal kembali,Anda dpt membeli paket 50rb(125MB)/100rb(300MB) via SMS….”

    jadi mksdnya klo pgn bandwith tetep seperti keadaan fair usage kita musti bayar lagi????
    WTF!!!!!!!!
    mana kata “Unlimited”-nya Njink????
    pantes aja Quota TELKOMSHIT FLASH unlimited diturunin, biar Quota user cepet habis & user yg ga mau internetnya lemot (<64kbps) kepaksa beli Quota lagi!
    PEMERASAN RAKYAT INI NAMANYA!!!!

  • ricky wrote on 20 September, 2009, 11:25

    Teman-teman senasib, apakah sudah ada yg call ke Telkomsel, jikalau kita masih dalam masa kontrak dan kita berhenti sekarang, apakah masih tetap dikenakan denda? Karena benar memang pemutusan sebelum 12bulan, tapi juga benar kan dikarenakan fair usage quota dalam kontrak diturunkan sepihak ?

    Thanks.

  • ricky wrote on 20 September, 2009, 12:17

    Tambahan, dari website resmi telkomsel – http://www.telkomsel.com/web/corporate_news?cnid=NTUw 
    “Pemberlakukan ini didasarkan pada data perilaku pengguna TelkomselFLASH, dimana 60 rata-rata menggunakan data 500 MB perbulan dan keinginan untuk membatasi  10%  abusive user yang secara dominan menghabiskan resources network dengan penggunaan hingga puluhan bahkan ratusan GB yang mengakibatkan gangguan terhadap pengguna lain karena menyebabkan penurunan kualitas secara signifikan. Hal ini terjadi mengingat mobile network merupakan shared network.”

    Dikatakan bahwa resource network telkomsel di-abuse oleh 10% pemakai yg berupa tipe pendownload sampai ratusan GB, bila dihitung dgn aturan 256kbps ( 2GB ) kemudian 64kbps setelah 2 GB, maka total byte yg bisa didownload user paket basic dgn asumsi user tsb download terus menerus setiap saat ( 24 jam setiap hari dalam 1 bulan dan selalu mendapat signal dan speed maksimum ) :

    note: untuk mendapat kecepatan download dalam Byte per detik, bagikan speed dgn angka 8 ( 1 byte terdiri dari 8 bit )

    2GB  pertama dgn speed 256kpbs ( 32 Kilo Byte per detik ) butuh 18 jam 12 menit

    1 bulan = 30 hari * 24 jam = 720 jam
    720 jam dikurang download 2GB pertama maka sisa 701 jam 48 menit

    701 jam 48 menit dikali kecepatan download 64kbps ( 8 Kilo Byte per detik ) = 19.27 GB

    Jadi total download maksimal hanya 2 GB + 19.27 GB = 21.27 GB ( dengan asumsi download setiap saat sebulan penuh dgn kecepatan download maksimum ), seharusnya tidak mungkin menembus ratusan GB per user.

    Yang menjadi masalah adalah, setahu saya Telkomsel sendiri selama ini tidak membatasi speed dari pemakai, jadi selama ini biar itu paket Unlimited Basic maupun Pro, download speed bisa mencapai lebih dari 1 bahkan 2 Mbps (tergantung network – kalau sedang banyak yg pakai / jam sibuk maka speed dibagi banyak user maka speed jadi lambat, kalau waktu tengah malam pada orang tidur tidak pakai flash maka kita bisa mendapat full speed sampai diatas 2 Mbps tergantung lokasi dan signal – saya sendiri sering dapat speed diatas 2 Mbps di waktu malam2 atau pagi2. Dan ini jelas tidak dibenahi oleh Telkomsel atau memang Telkomsel tidak sanggup / alat yg memadai untuk membatasi speed dari pemakai atau krn Telkomsel belum ada software untuk merecord quota pemakaian setiap user sehingga aturan pembatasan setelah 2GB tidak jalan krn memang system mereka tidak bisa mendetect apakah user sudah pakai 2GB ( buktinya – fungsi cek quota fair usage dgn sms “UL INFO” ke 3636 baru dilaunching beberapa hari lalu), alhasil resource/bandwidth internet mrk baru bisa dibilang “terpengaruh” dan ini jelas bukan salah dari kita krn system mereka yg mengijinkan kita download dgn speed diatas batas, bukan kita yg hacking ke system mereka.

    Ok lah, andai kata dengan alasan untuk menghindari resource / bandwidth mereka di-abuse oleh 10% pemakai ( suka download ), jelas mereka cukup mengaktifkan fungsi pembatasan speed seperti yg sekarang ini ( 2GB speed 256kbps (contoh paket basic), setelah itu drop menjadi 64kbps ) sehingga paket yg ditawarkan benar-benar berjalan dan tercontrol, tidak ada alasan untuk mengsunat quota fair usage dari 2GB menjadi 500MB, krn sejak awal produk / paket yg ditawarkan memang sudah begitu (2GB 256kbps dan selebihnya 64kbps – contoh paket basic) , kalau dipaksakan dijadikan alasan turunnya quota ke 500MB untuk menjaga kenyamanan pemakai lain, jelas itu adalah salah perhitungan dari pihak Telkomsel sejak awal meng-launching paket atau mgkn krn Telkomsel tidak mau menambah bandwidth Upstream nya dgn jumlah pemakai flash yg semakin banyak, alhasil, kita sebagai konsumen yg dijadikan kambing hitam.

  • Daniel, Manggar wrote on 20 September, 2009, 14:32

    sungguh mengecewakan pelayanannya :? :cry:

  • teddy wrote on 23 September, 2009, 3:56

    nih nama nya bkn unlimited lg… :mrgreen:

  • rabel wrote on 23 September, 2009, 12:13

    TELKOMSEL…

    COMITTED TO ME… EGOISSS….

  • demon shell wrote on 23 September, 2009, 17:13

    biasanya, klo restoran baru buka. masakannya enak, murah dan porsinya besar. tetapi setelah mendapat pelanggan dan mulai dikenal maka sedikit demi sedikit porsi dikurangi dan harga menu-nya dinaikkan.
    mungkin falsafah ini yg diadopsi oleh telkomsel, untuk menggaet pelanggan sebanyak2nya diberi kuota besar dan bandwidth yg berlebih tetapi setelah jumlah pelanggan melebihi target maka kuotanya dikurangi dan bandwidthnya juga.
    klo memang seperti itu, lebih baik seluruh pelanggan telkomsel flash berhenti berlangganan aj baik yg kontrak maupun tidak kontrak biar tau rasa dia
    hahahaha…!

  • She_Andre,kaltim wrote on 24 September, 2009, 20:13

    TelkomFLASH Aku kena STROKE..SPEEDNYA SEMPER..mudah2an telkom kena stroke beneran :oops: :oops: :oops: :oops:

  • melis, surabaya wrote on 24 September, 2009, 22:02

    percuma dum ak pke flash . bner sih cpet … tpi cman pertma.x duank .. skr klug mke , tiba2 mati ndri .. huh .. dh gtoe klug download lagu … buhsett….
    bsa sejam nunggu.x….

    :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :evil: :evil: :evil: :evil:

  • zymanq wrote on 26 September, 2009, 13:24

    sungguh sangat sangat sangat mengecewakan………

  • Bunga, Bandung wrote on 27 September, 2009, 16:26

    Wah kalo gitu gw yang tadinya mau beralih ke telkomsel flash jadi batal donk dengerin keluh kesah pelanggan telkomsel. Terpaksa tetap pake indosat m2 walaupun lemot, apalagi kalo cuaca mendung, idup mati idup mati…..nasib2. Payah nih indonesia bukannya maju tapi kok mundur ya…

  • bekasi wrote on 28 September, 2009, 11:02

    Begini ini jadinya kalo perusahaan terlalu mendominasi pasar, ujung2nya monopoli dan tidak peduli pelanggan.
    Buat di rumah gw pake FirstMedia…mantap, beneran unlimited….gak ada matinye…

  • acep,bandung wrote on 3 October, 2009, 0:45

    sy pk telkomsel flash sdh 2 bln kirain cm sy aj yg ngalamin masalah loding n sering trpts2 sinyalny d mnt 27 atau 28 smpe :evil: stress.. bawaanya mrh2 ml aduuh…dah pulsanya paling mahal lg…, dasar telkomsel pemeras penipu…pgn sy banting aj modemnya skrang jg…., dosa besar tuh sgede gunung dr mulai bosnya smpe penjual flashny….dasar kriminal…., di hujat orang banyak pa ga malu ….?!?!? sy ganti aj bsok skalian krtu simpaty d hp yg sdh sy pk hmpr 5 tahun…. :evil: :evil: :evil: dah ganti rame2 yu yg msh pk telkomsel….

  • rere, medan wrote on 3 October, 2009, 20:14

    Dalam rilis yang dikutip InfoKomputer.com dari detikNET, Telkomsel melalui Arief Pradetya (Manager Data and Broadband Service) menjelaskan bahwa pemberlakuan ini didasarkan pada data perilaku pengguna Telkomsel Flash, dimana 60 persennya rata-rata menggunakan data 500mb per bulan. “Sebagai gambaran, pelanggan dapat melakukan browsing 1000 halaman web (rata-rata 500k), download 1000 lagu (rata-rata 5MB), 10.000 e-mail (rata-rata 50 kB), chatting 500 ribu baris atau mengunduh 500 foto (rata-rata 1MB),” jelas Arie

    ini orang tamat SD atau nggak yah? atau KKN kali makanya bisa jadi manager di telkomsel. Asumsi download 1000 lagu (rata-rata 5MB) bener2 membuat aku tertawa terbahak2,… asumsinya tersebut mungkin lebih pantas diucapkan oleh orang yang tamat dari SLB atau tidak pernah mengenyam pendidikan. sama kaya asumsi sudah pantas BBM naek, karena di Singapur harga BBM seliter bisa 10ribu (tapi tdk dibilang berapa pendapatan perkapita penududuk singapur). sama kaya ucapan si ARie yang idiot itu, download 1000 lagu itu emg benar kalo rata2 1 lagu 5mb, tapi apa otaknya yg ga pernah dipake itu gak mikir, kalo untuk download 1 lagu harus browsing yang namanya situs. apa dia gak mikir kalo untuk membrowse situs diperlukan bandwith? emg dianggapnya sampe proses download itu semua itu gratis???? sebagai catatan buka tampilan google yang minus gambar aja sampe selesai memerlukan download sekita 32-50 kb, belum lagi searchnya

    sekali lagi buat telkomsel jangan asal bunyi, sebelum ngomong dipikirkan dulu, jgn nampak anda berdasi, berjas, tapi otak ga ada isinya

    wassalam

  • kobeltits wrote on 6 October, 2009, 3:28

    walah telkom gelo!!!!

    untung aku pake xl unlimited
    klo ujan sinyalnya malah mentok :lol:
    trus speed stabil lagi…… :mrgreen:

    emang telkom, gak speedy gak flash sama aja koplo!!!! ;)
    kapok gw pake speedy……… :roll:

  • nada wrote on 26 October, 2009, 0:18

    hal sprti ini emagn wajar bang
    semua operator pasti akan keteteran seiring pertumbuhan customer
    sunat quota adalah satu satu cara dibanding hrs investsi lebh bnayak lagi

  • jari wrote on 31 October, 2009, 13:52

    tapi flash kelakuannya gk wajar sama sekali! sampah!!!

  • Kuedoes wrote on 18 November, 2009, 16:16

    TELEKomsel memang RAJAnya PENIPU, dari dulu gue dah anti sama yang namanya TELEKomsel, eh masih kena tipu juga gue, gara butuh internet cepet, ternyata TELEKomsel Flash juga EJAKULASI DINI, 3 bulan ini gue dah g mau bayar tagihan, mo ditarik modemnya ya monggoooo…….

  • umar wrote on 24 November, 2009, 20:12

    jangan gitu dong “TELKOMSEL” ntar malah pelanggannya pada kabur lho… :roll:

  • Chemonk wrote on 13 December, 2009, 0:44

    buat capt azura … n konco nya yang seirama
    saya cuma bertanya … jujur aja anda orang manajemen TFlash atau bukan ???
    klo bukan berapa anda dibayar untuk menulis seperti itu ???
    anda pelanggan TFlash atau bukan ???
    klo bukan jelas aja dengan enteng nya anda menulis seperti itu.
    tapi lumayan … tulisan anda membuat saya tertawa terbahak-bahak ….
    bahwa masih ada orang sok obyektif seperti anda … padahal anda tidak merasakan penderitaan pengguna TFlash…. yang terlanjur terjebak aturan kontrak…
    seperti saya …. hmmmm … andai hukum di Indonesia membolehkan saya menusuk jantung manusia busuk yang membuat kebijakan seperti itu … saya akan minta kepada seluruh rekan sependeritaan … saya yang akan menusuknya… untung hukum tidak mengatur seperti itu. andai saja ….
    itulah gambaran .. betapa kita pelanggan terjebak dengan pasal perjanjian .. JANJInya begitu indah .. klo kjita melanggar perjanjian begitu berat sanksi nya .. tapi klo TFlash yang melanggar … APA SANKSInya gitu dunk klo mo obyektif ….
    anda menulis mungkin kelak akan ada kompensasi … hmmm silahkan anda lanjutkan mimpi anda … jangan kompensasi kuota aja dikurangi … LOGIS aja berpikir .. jadi saya harap … selain anda harus lebih teliti dalam berpikir OBJEKTIF … anda harus lebih LOGIS.
    terima kasih

  • yudi, jember wrote on 16 December, 2009, 5:44

    benar-benar mengecewakan telkomsel, mana lgi kontrak gue masih 5 bulan
    sial bener gue…kalo selama bulan berjalan ini ga da perubahan dari pihak telkomsel gue bakalan berhenti berlangganan telkomflash
    biar bangkrut tuch… ditinggal pelanggan
    :evil: :evil: :evil:

  • Athena-BALI wrote on 26 December, 2009, 11:08

    ******

    Pada saat pertama kali pembuatan SUrat Pernyataan Kontrak dan CS tdk menyebutkan bahwa stlh 3 bln akan berubah menjadi 500mb..e….skrg mau buka web aja lemot karena dibatasi!!!
    cut billing tgl 20 dlm artian per tgl 20 akan mendapat kuota baru, tetapi baru 3 hari sebelum natal tepatnya tgl 24 sdh tidak bisa login lagi..hubungi call center..ini…itulah….jawabnya & terakhir dikatakan bahwa kuota saya sdh maksimal..penggunaan sudah mencapai 600mb…PIKIR aja secara logika dari tgl 20 sampe tgl 23 sdh hbs 600MB???????? buat apa????maen game OL cuman sampe tgl 23…setelah itu tidak bisa login!!!!!browsing jarang apalagi download…terus hubungi call center karena saya tidak percaya sama mereka terutama telkomsel saya minta rincian penggunaan kuota saya yang dikatakan sudah menggunakan sebesar 600MB selama 4 hari!!!!!!!!!!!!!!!tetapi call centernya mengatakan kami tidak bisa memproses…APAAN COBA TAEKKK BGT…dia aja bisa buat rincian billing telephone, knp membuat program flash tetapi tidak bisa mengecek rincian penggunaan flash…
    Setelah itu saya dicoba mengecek UL INFO kirim ke 3636…jawaban yg diterima “Sisa Fair Use Telkomsel Flash Unlimited anda 1431MB berlaku sampai dgn 20-01-2010 pada pkl 23.59″ pengertian KAMU ITU apa TELKOMSEL????sisaku kan masih 1.431MB..kenapa aku dinyatakan sudah melebihi kuota??!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Kata call centernya akan dihubungi secepatnya…Namun hingga kini gak ada…
    MATI AJA LOE….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! :twisted: :twisted: :twisted: :twisted:

  • gie wrote on 4 January, 2010, 18:24

    Iya neh gw jg samaaaa….!!!Asli deh pinter banget ngegaet pelanggan…disaaat gw make t-flash empot2an dirumah,,,,eh ternyata di beberapa mall gw liat ada pameran si T-Flash yang gratis 3 bulan itu,,,,,gilaa kali ya,,,,jaringan gw n problem lain t-flash skrg aja belum solve malah ditambahin lg pelanggannya????Parahnya lagi….kita diwajibkan langganan setahun, tp belum setahun quota kita udah dipangkas setengahnya n sialnya kita gboleh berhenti berlanggnan sebelum setahun!!!!Kebijakan apalagi itu ??? gak fair banget,,,,mereka enak2an buat kebijakan baru dengan nurunin quota kita yang blm setahun sedangkan kita tetep dpaksa utk berlangganan setahun dengan kualitas yang semakin hari semakin paraaaaaaaaaaaaaaaaaahhh!!!!!!!!!!!!!ASLI GW KECEWA BANGET SAMA T-FLASH……………………x(

  • Didi, Bogor wrote on 23 January, 2010, 20:38

    gw tanya ke grapari, skrg mereka cum jual flash unlimited yg 400rb/bulan. jadi kemungkinan yg unlimited basic 125rb (pelanggan lama) akan makin dicuekin tuh. harapan telkomsel yg 125rb/bulan itu bosan sendiri dan nutup kartunya kali..

  • Ihsan,Makassar wrote on 9 February, 2010, 7:59

    Teman2 kantoran pada mau keluar dr telkomflash..termasuk saya juga…

  • alfa , blitar wrote on 9 February, 2010, 19:51

    emang taek baget gitu loh…. tsel masuk neraka……. pegawai aja gajinya gede .. makan uang haram tuuuuuuuuuuuuuuuuuh…….. hehehehhee… :mrgreen:

  • ngiirik wrote on 16 February, 2010, 2:07

    uda di bakar di api neraka tflash.. hihihii :twisted:

  • konsumen, batam wrote on 22 February, 2010, 5:11

    Sebenernya aq bukan pelanggan mereka, coz waktu mo beli di grapari, aq tanya2 info mengenai flash ke pegawainya, ternyata mereka kyk orang yg baru kenal internet, eh tp gt2 gajinya gedhe loh, he2.. so dah gk pcaya dr awal, skrg pake m2 unlimited, murah cepet jg. kuota ampe 3,125 Gb, download lagu ato film rata2 bisa 25-30 Kbps, klo denger comment diatas kyknya perlu bikin forum khusus tuh di Fb ato yg laennya bwt konsumen telkomselflash yg ngerasa dirugikan. Biar prod yg laen jg takut berbuat curang kyk gt.

  • Musi, makassar wrote on 27 February, 2010, 16:24

    CUSTOMER SATISFACTION = ZERO!!! :evil:

  • fatwati wrote on 26 March, 2010, 14:50

    HOMO HOMINI LUPUS BUSSINESS TYPE 378

  • makassar wrote on 11 April, 2010, 20:00

    g tau deh mau ngomong pap lg :( ,,,, lw ngeliat komen tmn2 d’ats,,,,,, mgkn skrg q juga jd korban telkomflash ni,,,,
    blm gnp seminggu make TF, fair usageX dah abis,, pdhl cm d pake bwt browsing………. :cry: :cry: :cry:
    q rasa mslh sprt ini dah hrz d tindak lanjuti oleh pemerintah,, melihat dah bxk tmn2 trmasuk saya sndri yg jd korban,,,,,,

  • farmer world of warcraft wrote on 4 June, 2010, 9:02

    untung saya sudah pindah pke m2 ,1 bln saya bsa isi kuota sampai 4gb ,di pake game online lagih mantaff … :mrgreen:

  • Ashar wrote on 21 August, 2010, 1:34

    To pt.telkomsel, dimohon untuk pelayanan 116 itu perlu sopan,jangan bentak2 kalo ada keluhan, maslh kartu yg terblokir, sy merasa kecewa dgn pelaynan telkomsel, dimohon kepada pimpinan telkomsel agr ditindak tegas kepada karyawn c.s apalgi yg shif malam, km merasa nga btl2 dilayani terimah kash

  • njimbong wrote on 10 November, 2010, 23:42

    matiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii dah lu telkom flash mo ganti M2 rame2 neh,,,,,,,,,,,,,,, …..

  • njimbong wrote on 10 November, 2010, 23:43

    PINDAH M2 AJA WAKAKKAAKKA,,, MATI DAH LOE FLASH MOGA GAK PUNYA PELANGGAN…………………………

  • balikpapan wrote on 13 November, 2010, 0:22

    wooii mana janjinya koneksi kencang, cman 15 kpbs di dam balikpapan keseringan koneksi EGDE daripada HSDPA, konsumen terus2an ditipu

  • vicks san, Malang wrote on 2 January, 2011, 23:08

    ******* TELKOMSEL….gue awal pakek flass gue demen banget.. tp stelah dftar lgi ternyata malah lebih parah.. super lemott..maksutnya apasihh telkomsel ini..dah promosi kmana mana tp akhirnya mengecewakan pelanggan..mending gue pakek M2 yang gue pakek awal dulu…**** telkomsel…

  • dije, goronggorong wrote on 22 March, 2011, 17:56

    saran gw, lo pada yg master IT & coding, buruan serang tuh markas si telkomshit, biar rasa…

    klo berani…

  • edy wrote on 8 April, 2011, 9:03

    pindah yuk ke M2

  • Hans Togubu wrote on 26 April, 2011, 10:06

    Kurang ajar TelFlash UNLIMITED Masa Kecepatan Sama Kuota Turun Drastis Gitu…

  • fendy wrote on 15 September, 2011, 0:58

    permisi om admin
    saya sekedar berbagi untuk temen2 yang menginginkan koneksi inet yang kenceng / paket internet unlimite tanpa kuota… untuk lebih jelas silakan hub.085789357700 atau kunjungi http://www.altcomcell.blogspot.com temen2 boleh trial / test pakai server nya dulu ngk perlu langsung beli… nanti kalau sudah test merasa cocok baru daftar jadi member terimah kasih

  • reyhan samudera wrote on 20 December, 2011, 17:01

    ech,jangan ngomong gt dunk ma telkomsel….telkomsel kan udah jadi raja di indonesia ” RAJA LELET” rugi besar gw pake kontrak setahun…sialan,,,!!!!

    dasar penipu ulung…
    10000000% rugi gw…

    main internet dimanapun ga ada sinyal,,,,dasar penipu…cccuuiiiih…ancurrrrrrrrr

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!