Simon, Robot Pandai Yang Belajar dari Lingkungan.

simon_robot_meka_torsoxx1Sebuah innovasi dilakukan oleh Dr. Andrea Thomaz dari Georgia Tech yang mengembangakan sebuah robot dengan nama Simon yang membunyai keahlian study human-robot interaction yang berarti robot ini akan mengambil keuntungan dari aktifitas social si sekitarnya untuk belajar.

Simon didesain untuk bekerja layanya manusia. Ini pula yang membuatnya dibangun begitu istimewa dengan articulated torso, dual 7-DOF arms, dan tangan anthropomorphic yang didesain oleh Meka Robotics.

Dengan keleluasaan gerakannya, simon bahkan bisa menirukan dari apa yang didemonstrasikan di depannya. Ini pula yang menjadi metode bagi Simon untuk belajar. Yakni memperhatikan aktivitas social di sekitaranya untuk mentransoframsikan sebagai perintah. Baik dari manusia maupun dari robot lain.

Hal menarik lainnya adalah robot ini mempunyai kapala yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa menunjukkan ekspresinya melalaui mimiknya. Bahkan untuk mempertegas “mood” nya, robot ini juga dilengkapi lampu yang bisa berganti ganti warna menyesuaikan kehendak robot tersebut.

Walaupun robot ini masih dalam taraf pengembangan namun Dr. Andrea Thomaz mendapatkan penghargaan dari MIT Tech Review 2009 Young Innovators Under 35 Award
Atas karya innovatifnya. /chend

About the Author

has written 103 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...