HOT!! Perangkat MULTITOUCH, Berasal dari Perangkat PC

multitouch untuk games

multitouch untuk games

Multitouch, perangkat layar sentuh yang telah sekian lama dikembangkan MIT melalui proyek Media Lab merupakan produk yang sangat mengagumkan. Perangkat ini ternyata tersusun dari komponen-komponen yang bisa kita dapatkan di pasar bebas atau malah membuatnya sendiri. Komponennya antara lain berupa meja berukuran sedang dengan proyektor dengan pencitraan tajam yang diset di bawah kaca dan dilengkapi dengan sensor optic dengan resolusi sedang/tinggi sehingga dapat merasakan gesture objek diatas kaca seperti berinteraksi dengan objek itu sendiri. Proyektor yang digunakan harus bagus dan terang, dan gambar akan nampak bagus dalam ruangan. Untuk opticalnya, sensor yang dimiliki harus bisa mengenali objek diletakkan di atas permukaan, membaca bar-kode, teks, bentuk, dll . Teknologi ini membuka banyak kemungkinan teknologi baru yang bisa dikembangkan, dari game design, beberapa macam creatve workflow baik dalam hal suara dan video editing, bahkan google maps ataupun penggunaan user interface secara kreatif.

Dengan kreatifitas yang dimiliki, komponen yang mahal bisa diatasi. Misalnya, sensor optic bisa diganti dengan kamera webcam (tentunya ditambah dengan membuat beberapa kode program), dan proyektor bisa diganti dengan lampu dengan intensitas cahaya cukup kuat.

Sebenarnya teknologi ini telah banyak dikembangkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya Microsoft Surface (http://www.microsoft.com/surface/) Harga Microsoft Surface ini dilaporkan mencapai $5.000 hingga $10.000 per unit (wikipedia). Suatu jumlah yang fantastis bukan? Dengan modal kurang lebih 3 juta rupiah, teknologi seperti ini bisa diterapkan, seperti yang dilakukan salah satu mahasiswa STMIK Amikom Yogyakarta berikut ini.

simak video lainnya di http://www.youtube.com/results?search_query=w33ladalah&search_type=&aq=f

(_zapto)

About the Author

has written 26 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...