Google Earth : Tidak Hanya Ambalat, Pulau Sipadan dan Ligitan Masuk Wilayah Indonesia

Jika selama ini Indonesia dan Malaysia terus bersitegang masalah perbatasan, mari kita lihat perbatasan Indonesia-Malaysia dengan Google Erth. Ambalat tidak sekedar bagian dari ZEE (Zona Ekonomi Ekslusif), melainkan benar-benar bagian dari wilayah teritorial Indonesia. Ini dapat dibuktikan dengan software peta bumi & foto satelit yang dilansir oleh Google, yakni Google Earth. Terlihat jelas pada gambar di bawah ini bahwa Blok Ambalat berada di selatan daripada batas wilayah Indonesia-Malaysia (di Google Earth, sejak awal batas negara ini ditandai dengan garis kuning tebal). (dikutip dari KabarIT tandef)

ambalat02

Ternyata tidak hanya Ambalat saja, menurut citraan satelit dari Google Erth, pulau  Sipadan dan Ligitan ternyata masuk wilayah Indonesia. Lihat garis kuning tebal pada peta yang menunjukkan batas wilayah Indoneisa dan Malaysia. 

sipadan

Mahkamah Internasional ternyata tidak menggunakan bukti empiris dari data-data sejarah dan bukti nyata tapi hanya mengambil dalil dari effective occupation, dimana Malaysia sudah membangun cottage and resort di Pulau Sipadan dan Ligitan walaupun pada masa itu kedua pulau ini masih dalam sengketa.

Kita berharap para aparat terkait tetap dapat mempertahankan kedaulatan Indonesia dengan sagala cara. Apa lagi wilayah Ambalat konon kaya akan cadangan minyak bumi. MaSuk

About the Author

has written 823 stories on this site.

23 Comments on “Google Earth : Tidak Hanya Ambalat, Pulau Sipadan dan Ligitan Masuk Wilayah Indonesia”

  • shanty wrote on 10 June, 2009, 23:55

    malaysia gak da kerjaan tu, dah jelas2 milik indonesia tetap ja ngotot
    semoga malaysia gak berhasil ngrebut pilau itu……
    semangat indonesia…….. jangan diem ja……….. 😈

  • Ashanti, djogja wrote on 11 June, 2009, 15:29

    Kaya’nya gak cukup “Ganyang Malaysia”
    tapi “Telen Malaysia” 👿
    ckakakak…. 😆

  • wahyu wrote on 11 June, 2009, 21:56

    wah pulau bunyu kelihatan,..wah malaysia itu mang sering masuk wilayah indonesia,..nelayan nya aja sering mancing di perairan bunyu ,tarakan ma nunukan,…

  • dulqosim wrote on 12 June, 2009, 11:27

    Lagi2 perundingan…jangan2 kalah lagi….
    mending langsng perang aja, biar martabat bangsa g dilecehkan…
    masa dicuri berkali2….

    Hidup Indonesia!!

  • Advent wrote on 12 June, 2009, 13:41

    Dukung Pemerintah Indonesia khususnya TNI untuk mempertahankan Ambalat..!!!

  • yude, jambee wrote on 12 June, 2009, 22:58

    malaysia adalah negara serumpun tapi kedaulatan NKRI adalah harga mati !!!!!

    sekali maling tetap maling… 👿

  • wayan wrote on 13 June, 2009, 1:23

    emg dasar tuh malaisya….
    katanya negara yanga alim tapi tukang ranpas pulau
    whakaka

  • 8akekok wrote on 14 June, 2009, 9:25

    Malingsia emang terlalu.. 👿
    tp pemerintah kita jg salah sih, ga bisa ngurus pulau2 tsb.. 😡
    msh ingetkan Pulau Sipadan lepas karena Malingsia lebih aktif merawat pulau tsb meskipun scr geografis letaknya Indonesia bgt… btw..Pulau Sipadan masuk nominasi new7wonders nature tuh, kategori ISLANDS… 😥

  • Qenthank wrote on 15 June, 2009, 14:42

    Kita pertahankan sampai titik darah penghabisan…Merdeka…Merdeka… :mrgreen:

  • armand,Kal-Bar wrote on 19 June, 2009, 23:26

    Bangsa Indonesia sekarang sedang berhadapan dengan ISRAEL nya Asia.Malaysia dan Isarel memiliki kesamaan 1.Sama2 Serakah,tanah orang tanah dia juga. 2.suka menyiksa yang tak berdaya yang berada dalam kawasannya.Pangerannya aja berperilaku seperti binatang,sudah pasti perilaku rakyatnya juga sama.

  • okta wrote on 24 June, 2009, 17:19

    wah…malaisya mang ngajak rewo2 ya
    ma indonesia……… 😡
    dha bosen semua ap 😈

  • yoz wrote on 25 June, 2009, 23:50

    siap perang buat……… KEDAULATAN BANGSA…!!! 👿

  • sangha wrote on 15 July, 2009, 11:24

    Kira2 pak presiden SBY atau siapapun presiden kita nantinya bisa ngatasi ini ga ya? masa iya satu persatu pulau2 kita di claim oleh malaysia? belum lagi kesenian tradisional kita juga diperebutkan. selain itu malaysia selalu memperlakukan TKI semena2, mungkin bukan cuma TKI tapi WNI seperti yang baru2 ini manohara. Ya mudahan seorang Jenderal yang juga presiden bisa melihat masalah ini dan bisa benar2 menuntaskannya. Potensi alam di sipadan dan kepulauan disekitarnya sangat menjanjikan. ya belum lagi isi dibalam perut buminya. Tapi kok pemerintah sepi2 aja ya? hebat..

  • Ganyang wrote on 27 August, 2009, 10:02

    kerjaan luu ngerebut punya negara lain aj man..!!!

    ngara tak punya rasaa…
    noraakk…
    taikk…
    tak bretikaa….

    MALAYSIA
    dicap sbg negara MALING….!!! 👿 😈 .

  • hasan wrote on 28 August, 2009, 13:58

    malaysia emang negara nggak tahu asal muasalnya,dah di bantu ama orang indonesia tapi gak tahu terima kasih.dasar maling setan penjilat ngaku alim tapi tukang zolim

  • lestari,smg wrote on 2 September, 2009, 4:18

    sudah tentu bangsa indonesia g bakalan diam klo d perlakukan keterlaluan …….. . 😥 oleh “Malingsia”
    Semoga ini pelajaran berharga buat kita bangsa Indonesia untuk menjaga kesatuan,,,, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mapu menghargai budaya dan wilayahnya……….. semoga ini menjadikan lebih bersatu dan kita adalah bangsa INDONESIA

  • bro wrote on 4 October, 2009, 13:24

    rakyat kuat……..!!!
    pemerintah yg terlalu lemah padahal mereka sdh jelas2 menerobos wilayah kt.
    penerintah lebih mengedsepankan kata “SABAR”walau musuh nyata2 sdh menari-nari di depan mata kt.
    sungguh ironis,bangsa yg dahulu gagah berani kini hanya tinggal jd bahan olokan negara tetangga malingsia. :twisted.. 😡

  • komda divisi ganyang maling sia wrote on 23 October, 2009, 9:18

    temen2 ini saatnya kita ga sekedar ngomong/ngedumel malingsia…kitakan mahasiswa punya badan yang bisa nampung aspirasi kita,bilang aja ama para pengurus BEM dikampus untuk mengkoordinasi seluruh BEM seindonesia buat kasi tau istana jangan terlalu lembek ama maling sia uda jelas kita disakitin trus,,,,mulai pulau,batas wilayah,kebudayaan,ham,dan martabat semua dirampok dan dijarah 😈

  • bunk, semarang wrote on 13 November, 2009, 14:11

    pokoknya kite harus tetep pertahanin,,, sudah ada bukti jelas klo itu merupakan bagian dari wilayah indonesia tercinta. semoga saja banyak aparatur pusat melihat berita ini dan membuktikan sendiri. 😈 😈 😈

  • pahlawan malaysia wrote on 16 December, 2009, 16:22

    bangsa indon memang bangsat tak tau bersyukur, babi punya INDONESIA 😈

  • andika wrote on 23 January, 2010, 1:59

    wahai anak bangsa saatnya kita bangkit melawan mereka,jangan kita biarkan mereka merampas hak milik kita,sipat maling memang susah di tebak tapi negeri boneka ini patut kita tuntaskan,,mana kekuatan generasi muda kita, jangan cuma pada omong doang ,mari kita berjuang bersama,”merah darahku putih tulangku”saatnya indonesia bangkit…….marilah muda mudi bangsa tunjukan sipat nationalismu……MER…DE….KA…..A……A….

  • firmansyah wrote on 29 March, 2010, 16:15

    Negara Indonesia harus tegas menjaga kedaulatannya jangan biarkan kedaulatan kita diinjak-injak oleh negara lain. Seharusnya kita malu pada pahlawan-pahlawan kita yang telah mendahului kita yang telah banyak berkorban untuk mempertahankan kedaulatan RI kita malah membiarkan apa yang diperjuangkannya itu direbut oleh negara lain. Kedaulatan RI harus dijaga denga baik “ingat itu baik-baik”

  • SURATMAN OF KENDAL CITY wrote on 26 July, 2011, 0:11

    SEJARAH MENGATAKAN DULU MALAYSIA MASUK WILAYAH INDONESIA DITINJAU DARI BUDAYA HAMPIR SAMA DENGAN SUMATRA BAHKAN BUDAYA LUAR PULAU SUMATRA SEPERTI REOG PONOROGO TARI PENDET melukai rakyat Indonesia. jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan dong INDONESIA CINTA DAMAI apakah sejarah kemarin mau kau jadikan momentum . LUPAKAH PERSAHABAN KITA ANTARA JIRAN DAN NUSANTARA lupakah foto bersama di bendungan kali juwero Kendal

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!