PERBAIKI FUNGSI MATA DENGAN VIDEO GAME

ac_01Anda mengalami kesulitan pada penglihatan saat berkendara di malam hari atau di tengah kabut? Bermain game-lah!

Pasalnya, game yang selama ini ramai dituduh sebagai penyebab obesitas, penyalahgunaan obat dan kondisi kesehatan yang buruk ternyata oleh sebuah penelitian ditemukan manfaat yang mirip dengan wortel.

Baru-baru ini, seperti diberitakan Koran Tempo, tim peneliti dari Amerika Serikat dan Israel merumuskan bahwa sering bermain game perang bisa memperbaiki fungsi sensivitas kontras pada penglihatan. “Kami menemukan bahwa bermain video game yang penuh aksi tembak-menembak sama saja dengan melatih otak memproses informasi visual yang ada dengan lebih efektif,” kata Daphne Bavelier dari University of Rochester, New York, yang menjadi ketua tim.

Selama ini, tidak ada cara lain yang diyakini manjur memperbaiki kemampuan sensivitas kontras selain melalui cara fisik seperti pemakaian kacamata, lensa kontak maupun pembedahan langsung pada optik mata.

Akan tetapi, Bavelier yang merupakan profesor ilmu otak dan kognitif itu menjelaskan bahwa seseorang akan mengubah-ubah rute di otaknya yang bertanggung jawab untuk pemrosesan gambar visual ketika sedang bermain game aksi. Sistem visual tertekan hingga ke batas terjauh dan otak akan mengadaptasi situasi tersebut.

“Hasil akhirnya adalah kami melihat efek positif perbaikan sensitivitas kontras yang bisa bertahan bahkan dua tahun setelah penelitian usai,” jelas Bavelier.

Bavelier bersama dengan sarjana lulusan setempat, Renjie Li dan sesama profesor ilmu kognitif di Tel Aviv University, Walt Makous, menguji fungsi sensitivitas kontras terhadap 22 mahasiswa yang dibagi dalam dua kelompok. Ia menggunakan video game yang memiliki tingkat koordinasi motor visual seperti “Unreal Tournament 2004” dan “Call of Duty 2” untuk dibandingkan dengan “The Sims 2”. Hasilnya, mahasiswa yang disuguhi game penuh aksi menunjukkan perbaikan kondisi mata rata-rata sebesar 43%. Sedangkan pemain “The Sims 2” tidak mengalami perbaikan sama sekali.

Namun, seperti diakui Bavelier, tidak semua jenis video game memberikan dampak positif yang sama. “Untuk mata, manfaat positifnya mungkin tak terbatas, semakin lama bermain semakin baik. Tapi tidak untuk kehidupan sosial,” katanya. (arleta)

About the Author

has written 436 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...