Membuat Foto Biasa Menjadi Ala Studio

20

Seringkali sebagai seorang mahasiswa yang biasa “berhemat”, kita tidak ingin mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatkan sebuah foto dengan background abstract dan pencahayaan buatan. Karena dengan modal sebuah kamera digital biasa, ditambah sedikit olah digital di photoshop kita bisa mendapatkan sebuah foto studio ala kita.

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah Pertama, Persiapan Awal

Siapkan foto yang akan diedit dan buka software pengolah gambar bitmap terbaik di dunia, Adobe Photoshop CS4 ( versi terbaru dari Photoshop, namun menggunakan versi CS yang lebih lama juga sama saja  )

a

Saya menggunakan foto dari sebuah kamera Sony Cybershoot T9 hasil jepretan rekan saya, Bagus sebagai foto yang akan diolah.

1

Langkah kedua, Mambuat Layer Background dan Mengatur Poisisi layer

Jadikan background menjadi layer terpisah ( Layer 0 ), dengan cara double click pada background

2

Sehingga akan muncul window baru, dan beri nama dengan layer atas

4

Pada keyboard tekan [shift]+[ctrl]+[n] untuk membuat sebuah layer baru dan beri nama layer bawah, ( nantunya akan kita gunakan sebagai background )

Beri warna layer background dengan warna putih dengan menggunakan fill tool

31

Atur posisi layer bawah di bawah layer atas dengan men-drag nya menuju bawah.

41

Langkah ketiga, Proses Seleksi

Kita akan membuat seleksi pada obyek dengan tujuan menghilangkan bagian background foto asli.

Ada banyak pilihan tool untuk seleksi pada photoshop, namun saya pribadi lebih suka menggunakan pen tool karena hasil yang didapat lebih rapi untuk kondisi foto resolusi rendah. Walaupun hasil juga sangat tergantung keterampilan kita dalam membuat dan mengatur arah path.

5

Perbesar foto menggunakan [ctrl]+[+] dan atur posisi dengan menahan [space]+click+drag

Pen tool bekerja dengan path ibarat Bezier tool pada corel draw.

Keuntungan dengan path, kita bisa membuat garis lengkung dan sudut lancip ( tekan [alt] pada node ).

Mulailah seleksi dari ujung kiri menuju ujung kanan. Dengan posisi jari pada tombol [space] untuk mengatur posisi gambar dan [alt] untuk membuat path dengan sudut lancip.

6

Sehingga akan didapat hasil seperti gambar di bawah

7

Setelah kita membuat sebuah bidang path, pilih window path, kemudian click pada

8

Secara otomatis akan terbentuk seleksi dari path yang kita buat.

Tekan [shift]+[ctrl]+[i] untuk membuat seleksi “inverse” dan tekan [delete] untuk menghilangkan bagian background gambar asli.( jangan lupa untuk mengaktifkan highlight pada layer atas dahulu )

Maka akan didapat gambar seperti ini.

9

Langkah keempat, membuat background

Aktifkan highlight pada layer bawah. Pilih filter? render ? difference clouds.

10

Maka akan didapat sebuah tekstur abstrak.

Untuk kesan elegant dan indah, saya lebih suka menggunakan warna kombinasi ungu dan hijau.

Langkah memberi warna adalah dengan menekan [ctrl] + [u] dan mengatur seperti gambar di bawah

11

Dengan brush, kita akan memberikan warna hijau pada bagian bawah. Namun sebelumnya ubah mode menjadi overlay dan sapukan pada layer bawah.

12

Untuk memberi kesan fokus dan nuansa gelap ala studio, pilih filter ? distort ? lens correction.

13

Atur opsi seperti gambar.

141

Langkah Kelima, Koreksi warna dan pencahayaan pada gambar utama ( layer atas )

Untuk mengkoreksi gambar, kita menggunakan pengaturan pada level, [ctrl]+[L]

15

Kemudian mengatur pencahayaan pada obyek dengan menggunakan burn dan dodge tool.

Gunakan burn untuk membuat spot gelap pada obyek dan dodge untuk membuat spot terang pada obyek.

16

Blur untuk merapikan bagian tepi obyek yang terkena seleksi.

17

Untuk mendapatkan efek seperti penggunaan soft lens pada kamera SLR studio, kita bisa menggunakan Difuse Glow dengan click filter? distort? diffuse glow.

18

Tekan [shift]+[ctrl+[e] untuk membuat layer atas dan bawah bergabung manjadi satu.

19

Dan Layer ? Flatten Image untuk membuat menjadi gambar fix dan siap untuk disave ke dalam bentuk *.tif atau *.jpeg

Ulangi lens correction untuk menambah kesan dramatis foto.

Sekarang foto sudah jadi. Tidak perlu membayar ongkos mahal kan?

 

About the Author

has written 103 stories on this site.

52 Comments on “Membuat Foto Biasa Menjadi Ala Studio”

  • fauns wrote on 10 April, 2009, 13:52

    wah-wah bisa ngrit uang ini yach!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • ruslan wrote on 11 April, 2009, 9:22

    kereeeeennnnn…..
    apalagi yang jadi modelnya…
    (^^)

  • admin wrote on 11 April, 2009, 9:30

    harusnya nyari modelnya yang lain he he

  • apa aja wrote on 11 April, 2009, 9:50

    mantap2…..boleh nih?????

    klau boleh bgi URL yang isinx tentang tutorial2 photoshop gitu mas??? ;)

  • Kharisma wrote on 11 April, 2009, 10:16

    @fauns : bisa buat cari uang juga malahan :)

    @ruslan : terima kasih ruslan atas komentarnya

    @admin : wah gak kompak ama komentar di atasnya nie.. ;p

    @apa aja : URL yang bisa dikunjungi untuk tutorial photoshop
    http://abduzeedo.com
    http://psdtuts.com
    keduanya menyediakan tutorial kelas tinggi dari master photoshop

  • apa aja wrote on 11 April, 2009, 10:23

    wah mkasih ya mas…..atas tutor yang berharga ini

    ngmng2 tu tutor bhasa inggris ya??? ;)

  • joe wrote on 11 April, 2009, 11:13

    napa mesti pake photoshop….pake paint aja juga bisa…
    hasilnya juga tidakburuk2 amat

  • FHANK wrote on 11 April, 2009, 11:54

    kog backroundnya burem gitu mas?

  • FHANK wrote on 11 April, 2009, 11:55

    kog backroundnya burem gitu mas?
    apa g bagusan yang lebih terang mas?

  • Kharisma wrote on 11 April, 2009, 15:05

    @joe : memakai paint juga bisa. Semua sangat tergantung kebiasaan dari pengguna. Kebetulan penulis lebih terbiasa memakai Photoshop dan yang penulis ketahui kebanyakan orang juga menggunakan software satu ini :).

    @fhank : memang sengaja meniru konsep studio dengan konsep gelap. Keuntungan menggunakan bg gelap adalah object terlihat lebih menonjol. :)

  • iU wrote on 11 April, 2009, 15:15

    modelnya jelek…….hegege…

  • Benvie wrote on 11 April, 2009, 15:21

    siip… cukup menarik ulasan yang diberikan… materi sederhana yang dibahas secara rinci dan mendetail… sangat memudahkan dalam memahami materi yang diberikan terutama bagi orang awam seperti saya…
    thanks ya… teruslah berkarya…

  • emma wrote on 11 April, 2009, 16:41

    ga ada model yg lainya po??
    :P

  • emma wrote on 11 April, 2009, 16:43

    cari tutor yang lainya dunk…

    ya??

  • agus wrote on 12 April, 2009, 19:56

    cuma satu mas………..oy buat make up klo Adadadaaaaa

  • Bobby wrote on 13 April, 2009, 11:01

    aku minta C4 nya aja dech.. :)
    boleh ga???

  • Bobby wrote on 13 April, 2009, 11:02

    photoshop CS4 maksudku… hehehe

  • Kharisma wrote on 13 April, 2009, 12:07

    @ emma: iya kemaren dadakan soalnya. Posenya juga “nggak” banget kayakke.. ;p
    @ agus & emma : request diterima :)
    @ bobby : sementara toko software di Indonesia masih sangat harang menjual versi CS4 karena harganya yang sangat mahal. Namun banyak rental komputer yang tidak bertanggung jawab sudah menyediakan + crack nya.

  • rofiq wrote on 13 April, 2009, 13:25

    keren bangt…

  • triyadi wrote on 13 April, 2009, 13:55

    mantap…
    klo mau ikutan posting bisa ga ya hehe

  • k4p7n wrote on 13 April, 2009, 14:18

    Modelnya jelek bangeeeeet

  • Kharisma wrote on 13 April, 2009, 15:12

    @rofiq : terima kasih ditunggu tutorial yang lebih “keren” lainya
    @triyadi : kedepannya dimungkinkan akan dibuka kesempatan untuk submit artikelnya
    @k4p7n : udah ikhlas aja ;p

  • admin wrote on 14 April, 2009, 20:23

    @ Tiyadi kalo mau posting boleh silahkan bisa kirim tulisan ke info @ jaeni.net , mungkin lain kali ada login untuk posting artikel

  • Sigit Priyanto wrote on 15 April, 2009, 12:11

    Bagus!!!
    Ada tugas mulia yang harus ananda laksanakan dengan sungguh-sungguh dan iklas, yaitu membuat blog untuk smaker tercinta. Ada blog sementara. Masak SMAKER blognya kog hanya begitu, apa tidak malu? OK, Bapak/ibu guru menunggu hasil karya Ananda tuk SMAKER tercinta!! Tuk admin dan pengisian selanjutnya bapak siap melanjutkan!!!! Web sementara:smakeronline.co.cc

  • hudan wrote on 18 April, 2009, 8:08

    …..setuju..
    titik.

  • che_3z wrote on 20 April, 2009, 16:25

    hwakakaka..ra genah ki,,ganti foto q wae kui..hehe

  • rohim wrote on 22 April, 2009, 13:30

    lumayan..!!

  • admin wrote on 22 April, 2009, 13:59

    lumayan jelek apa bagus…

  • ian wrote on 23 April, 2009, 21:29

    mmmm…good job! but need improve…

  • bubu wrote on 6 May, 2009, 16:30

    kurang realistik tuh…

  • gde wrote on 7 May, 2009, 16:43

    waaaaaaaaaaaaa
    coooooooo cuiiiddddddddd

  • gunz wrote on 9 May, 2009, 9:59

    duh.. kayae kenal orang ini nui… buronan apa yah.. :mrgreen:

  • santo wrote on 14 May, 2009, 10:47

    wah… uapek kwi….! cip….cip…cip….
    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

  • ASA wrote on 27 May, 2009, 12:15

    biasa aja gak terlalu istimewa, klo nurut aku malah prosesnya terlalu banyak.bisa kok buat hasil yang sama dengan lebih singkat…

  • agunk wrote on 3 June, 2009, 20:35

    haha,. mang gk da model laen tu,.
    ce kn lebih enak di liatnya,.
    hehe,.. :lol: :lol: :lol:

  • ariev wrote on 8 June, 2009, 12:41

    baguss.
    nyoba dumzz..

  • cho wrote on 8 July, 2009, 23:22

    ah biasa ja…ntr gw krmn yang lebh dari itu d3chhhhhhhhhhhhhh

  • zierafiezta wrote on 9 July, 2009, 9:46

    oke ditunggu kirimannnya ya :D

  • weeladalah wrote on 18 July, 2009, 13:38

    kayak pernah liat modelnya tapi dimana ya…???

  • wilfred,yogyakarta wrote on 29 July, 2009, 0:41

    mas tutorial buat corelDraw ada ga’ ???
    n klo bisa sekalian minta website tutorial corelDraw..ok thanks

    mas klo bisa tutorialnya di update terus coz bermanfaat banget nich…hehehehe :D

  • helmi wrote on 20 February, 2010, 10:44

    bagus banget mas. boleh dicoba nih.
    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

  • motivasi259 wrote on 4 March, 2010, 18:18

    wah seru baget artijelnya di coba ahh :twisted: :x :| ;)

  • Foto Wedding wrote on 28 April, 2010, 13:56

    Terima kasih sebelumnya untuk ruang komentarnya. Sangat bermanfaat untuk semuanya.
    Tehnik membuat fotonya sangat oke, pas dengan bisnis kami. Terus maju untuk kebaikan bersama.

    Salam, http://www.hawila-organizer.com/

  • biiz_23 wrote on 16 January, 2012, 17:27

    post tutor yg unik mas..??:D

  • yogyakarta wrote on 18 January, 2012, 12:36

    ga begitu “wahhh”

  • dhika kurniawan wrote on 31 January, 2012, 0:17

    cari model yg laen dunk.. hhaha

  • petrarya wrote on 18 February, 2012, 12:57

    Keren tutorialnya… numpang nitip link blog tutorial saya juga…
    http://vetrartwork.blogspot.com/2011/04/tutorial-gray-glamour.html#more
    mampir ya :D

  • ivonne wrote on 20 March, 2012, 10:14

    keren…..sesuatu banget….copy paste ah buat bikin sendiri…..

  • nikinakata wrote on 17 April, 2012, 13:14

    klo pke photoscape bisa juga kahh ??

  • beno wrote on 19 September, 2012, 19:35

    itu 1 orang 1 Photo.. kalau banyak photo???

  • haeni dewi wrote on 24 December, 2012, 11:46

    wes asek bgus2

  • Kong wrote on 8 April, 2013, 21:54

    bukan soal model nya, ini ilmu..
    makasih mas udah mau berbagi ilmu, ditunggu tutor yg lain nya :)

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!