KPU LUNCURKAN INFRASTRUKTUR IT UNTUK PEMILU 2009

kpuAcara peluncuran kesiapan operasional infrastruktur IT Pemilu 2009 telah dilaksanakan di Gedung Graha Citra Caraka PT Telkom, Jalan Gatot Subroto, Jakarta pukul 14.00 WIB pada tanggal 4 April  2009. peluncuran tersebut menguji-coba pengiriman data rekapitulasi penghitungan suara dari KPU kabupaten/kota dengan cara dipindai di mana jaringan-jaringan tersebut sudah terpasang di 471 KPU kabupaten/kota dan 33 KPU provinsi di Indonesia.

Dalam penerapan IT dalam Pemilu 2009 ini KPU juga bekrjasama dengan Indonesia Security Incident Response Team of Internet Infrastructure (ID SIRTII) untuk masalah keamanan jaringannya. ID SIRTII akan memantau terus traffic jaringan pada sistem IT KPU selama 24 jam. KPU juga bekerja sama dengan komunitas “underground” untuk menguji keamanan jaringan di sistem IT KPU ini. Dengan adanya pengujian ini maka KPU akan tahu kelemahan-kelemahan yang ada pada sistem IT ini dan segera memperbaikinya.

“Depkominfo akan menjamin H-7 dan H+7 penyelenggaraan pemilu legislatif itu aman”, kata M Nuh dalam (dikutip pemilu Indonesia). Bahkan M Nuh akan mengeluarkan SKB 3 Menteri agar sistem IT ini tidak terganggu selama Pemilu.

Namun ternyata ada yang meragukan akurasi sistem IT ini. Penggunaan Intelligent Character Recognition (ICR) untuk memindai hasil suara yang ditulis dalam bentuk manual dan kemudian diubah menjadi digital, masih sering tidak akurat. Data-data rekapitulasi dari daerah yang berupa manual kemudian di sacan, hasilnya berupa format gambar kemudian dipindai dalam bentuk angka dan huruf. Sering terjadi permasalan dalam pemindaian, angka 7 akan ditafsirkan menjadi angka 1, angka 6 bisa ditafsirkan menjadi angak 5 atau 0. Untuk huruf b bisa ditafsirkan menjadi angka 6 dan huruf a. Maka perlu adanya validasi untuk sistem ini.

Akankah sistem IT KPU ini yang memakan biaya milyaran rupiah ini akan menghasilkan data yang akurat? Apakah kemanan jaringan sistem IT KPU ini akan jebol seperti pada saat Pemilu 2004? Tentunya berbagai pihak di KPU akan berusaha lebih baik dari pada saat pemilu 2004. Hasilnya akan bisa kita lihat di saat tanggl 9 April mendatang. Ma-Suk

About the Author

has written 436 stories on this site.

One Comment on “KPU LUNCURKAN INFRASTRUKTUR IT UNTUK PEMILU 2009”

  • Joe wrote on 13 April, 2009, 16:25

    apaaaan…. parah mang…. jebol tuh….. ancur malah.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2017 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...