Di Cina Ada Semangat “Shanzhai” untuk Pasar Gelap Ponsel

o_hiphonei32_1Kalau anda ingin mencari PONSEL keren dengan harga murah, sebaiknya anda berkunjung ke Cina. Di sana terdapat banyak sekali merek-merek ponsel terkenal dengan harga murah. Tapi anda harus berhati-hati, di Cina ponsel – ponsel yang keren itu bisa jadi adalah barang palsu.

Di sana terdapat banyak sekali pemalsuan vendor terkenal seperti Nokia, Motorola, Samsung dan berbagai merek terkenal lainnya. Atau mungkin anda mendapatkan smart phone dengan bentuk dan rupa nyaris sama seperti iPhone namun dengan merek Hi-Phone. Memang cukup menggelitik jika kita melihatnya, namun ternyata di Cina orang suka dengan barang-barang seperti ini.  Barang-barang palsu ini memiliki nama Shanzhai. ponsel Shanzhai dijual di pasar-pasar gelap Cina.

“Saya melihat gambar iPhone di Web, itu sangat keren. Tapi harganya lebih dari $ 500, terlalu mahal, “kata Yang Guibin, 30, seorang pekerja dari kantor Chongqing. “Jadi saya memutuskan untuk membeli iPhone shanzhai. Saya beli di pasar digital di sini, saya melihat persis seperti iPhone. ” (dikutip dari NyTimes)

Pembuat ponsel Shanzhai hanyalah produsen kecil yang bisa jadi hanya kelas home industri. Tidak banyak karyawan yang bekerja disana. Dengan perkembangan teknologi saat ini memungkinkan produsen hanya cukup mengkerjakan 10 orang karyawan.

Kemanan produk ini tentunya masih dipertanyakan. Ponsel Shanzhai tidak pernah melalui uji standarisasi keamanan. Ada sebuah kasus dimana seorang pengguna ponsel Shanzhai mendapat luka bakar setelah ponselnya meledak di sakunya.

Para pengusaha yang memproduksi dan menjual ponsel asli mengeluhkan keadaan ini. “Lima tahun lalu, tidak ada ponsel palsu,” kata Xiong Ting, seorang manajer penjualan di Triquint Semiconductor, sebuah pembuat komponen ponsel. “Anda perlu sebuah desain rumah. Anda perlu perangkat lunak. Anda perlu desain hardware. Tetapi sekarang, sebuah perusahaan dengan lima orang karyawan bisa melakukan itu. Pada 100 mil dari sini, Anda dapat menemukan semua pemasok barang-barang palsu itu. “

Walau begitu para ahli mengatakan bahwa ini adalah sebuah fenomena kreatifitas dan inofasi.

“Cina merupaan akar rumput-perusahaan yang sebenarnya sangat inovatif,” ujar Zhou Yu, seorang profesor di Vassar College.

Walaupun mungkin terlihat seperti ponsel merek terkenal, perusahaan yang khusus menambahkan fitur-fitur seperti layar lebih besar, dual-mode kartu SIM (yang memungkinkan dua nomor telepon) dan bahkan lensa teleskopis lampiran untuk ponsel kamera. MaSuk

 

About the Author

has written 823 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...