Ancaman Virus Koobface pada Facebook Teratasi

 

worm-222x2601Beberapa saat yang lalu kebanyakan pengguna facebook merasa khawatir dengan ancaman virus Koobface dengan keahliannya mencuri data login user. Kekhawatiran ini beralasan pasalnya sebanyak 133.000 komputer di seluruh dunia telah terinfeksi. 

Pengguna dengan sistem operasi Windows lah yang menjadi sasaranya. Namun tidak berapa lama setelah itu pihak Facebook bekerjasama dengan microsoft mengumumkan bahwa sistem yang ada pada Microsoft saat ini sudah bisa mendeteksi ancaman akan virus ini.  Dengan update data virus pada Malicious Software Removal Tool (MSRT), terbukti sebanyak lebih 200.000 kali komputer pengguna facebook telah berhasil tercegah dari serangan virus Koobface.

 Koobface adalah virus pesan yang disebarkan secara masal yang sampai di box pengguna facebook dengan menampilkan announcement semacam ”You look funny in this new video”. Bagi user awam yang belum begitu waspada dan mempunyai sedikit pengetahuan akan motif ancaman virus mungkin tanpa curiga men-click pesan yang tampil dengan penuh penasaran. Padahal yang didapatkan adalah sebuah virus Trojan yang menyamar sebagai update adobe flash. Seperti telah disebutkan tadi, trojan ini mengijinkan pembuatnya untuk mencuri data login user termasuk informasi lainnya yang digunakan user selama menjalankan komputer tersebut.

About the Author

has written 103 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | WebQilat |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...