Celah Keamanan pada Facebook

facebook Beberapa waktu yang lalu pengguna facebook di seluruh dunia sempat dikejutkan dengan kabar adanya celah pada facebook yang mangancam sekitar 70 juta penguna facebook di seluruh dunia akan pencurian data login user. Walaupun celah yang sangat berbahaya ini sudah berhasil diredakan bukan berarti bahwa facebook sudah benar benar aman untuk menjaga privasi anda. Situs BBC memberitakan bahwa penyediaan layanan aplikasi tambahan yang disediakan oleh layanan pihak ketiga secara tidak langsung tengah diberikan peluang oleh facebook untuk memperoleh data privasi dan sensitif dari user. Hal ini tampak ketika sebelum user bisa mendapatkan aplikasi tambahan yang kemudian bisa terpasang di halaman facebook, pernyataan persetujuan user untuk mengijinkan datanya diakses oleh pihak penyedia layanan tersebut.

picture_681 Pihak facebook menyatakan sebenarnya pihaknya telah melakukan langkah antisipatik dalam membuat user terhidar dari penyalah gunaan data pribadi yang dilakukan oleh pihak ketiga penyedia layanan aplikasi tambahan. Dengan memberikan peringatan kepada user untuk senantiasa berhati hati terhadap resiko peyalahgunaan data oleh pihak manapun termasuk penyedia layanan aplikasi tambahan.

Namun bagaimana juga banyak user berpendapat bahwa yang mereka tahu seharusnya facebook tidak membuat hal seperti ini bisa terjadi. Sehingga masalah keamanan tidak sepenuhnya menjadi tanggun jawab user yang tidak semuanya mempunyai pemahaman cukup tentang kiat menjaga privasinya.

About the Author

has written 103 stories on this site.

2 Comments on “Celah Keamanan pada Facebook”

  • Janner Simarmata wrote on 1 April, 2009, 3:42

    Sebagai pengguna biasanya hanya menggunakan aplikasi yang disajikan, tanpa berpikir panjang apakah aplikasi tersebut aman atau tidak. Lagipula, data-data pengguna yang ada difacebook saat ini adalah bukan data yang sangat penting (yang nota bene kebanyakan data-data tentang pribadi), apabila data tersebut hilang atau dicuri oleh orang lain, paling-paling si pengguna membuat account baru kembali.

    Selamat atas launching-nya KABARIT dot COM, semoga dengan adanya web ini, teknologi informasi di Indonesia semakin maju dan mantap……

    Regards
    Janner Simarmata

  • admin wrote on 2 April, 2009, 1:59

    perlu hati2 tidak asal publish data data kita apalagi yang sifatnya privat

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Isi dan komentar tanggung jawab masing masing pengirim. Gambar yang ditampilkan dalam artikel tidak selamanya mencerminkan isi artikel atau produk .Hanya dipakai sebagai Ilustrasi berita.





Web Security Made Easy         > | © 2009   > Hosted by : Web Developer Jogja | MDU MariaDB Community |
2019 | kabarIT.com. All rights reserved.
KabarIT merupakan techno blog yang menyajikan informasi seputar IT yang hangat dan menarik. Isi dan komentar tanggung jawab masing-masing komentar. Selengkapnya...